PULAU CELAGEN

Pelabuhan Sadai, Bangka Selatan

Pulau celagen letaknya berdekatan dengan pulau pongok kabupaten Bangka Selatan. Pulau Celagen juga menjadi salah satu Desa sentra ikan terbesar dibumi junjung besaoh.
Menuju ke pulau ini kita dapat menggunakan kapal cepat dan kapal laut berukuran sedang. Jika menggunakan kapal sedang berukuran delapan GT dari Pelabuhan Sadai membutuhkan setidaknya tiga jam perjalanan atau dengan jarak tempuh kurang lebih sepanjang delapan mil. Jika ingin sampai lebih cepat kita dapat menggunakan kapal cepat jet poil dan hanya membutuhkan waktu satu jam perjalanan.
Jam 12 adalah waktu kapal berukuran sedang ini datang dan pergi dari pelabuhan sadai, dalam sehari kapal berukuran sekitar delapan GT ini hanya beroprasi satu kali, yaitu jam sembilan pagi dari Pelabuhan Pulau Pongok menuju Pelabuhan Sadai dan jam 12 siang degan keberangkatan dari Pelabuhan Sadai menuju Pelabuhan Pulau Pongok.
Selain mengangkut penumpang  kebanyakan kapal ini juga menampung barang-barang sejenis sembako untuk dikonsumsi dan dijual kembali di Pulau Pongok atau Celagen.

Tidak banyak yang dapat dilakukan diatas kapal, sepanjang perjalanan penumpang hanya bersantai atau tidur sambil menunggu tiba di Pelabuhan Pulau Pongok. Cuaca yang bersahabat pada awal tahun ini membuat gelombang laut cukup tenang, kitapun dengan mudahnya disuguhkan pemandangan pulau dan lalu lalang kapal-kapal nelayan yang sedang mencari ikan disepanjang perjalanan.
Pelabuhan Pulau Pongok
Tiba di pelabuhan pulau pongok kita masih harus menggunakan ojek kapal untuk sampai di Pulau Celagen. Dengan menempuh perjalanan selama lima menit saja, pulau yang dikenal dengan desa sentra ikan asin ini pun sudah ada di depan mata.
Luas Desa Celagen mencapai 9,39 hektar. Desa ini juga menjadi bagian dari Kecamatan  Kepulauan Pongok yang jaraknya berdekatan.



Jumlah kepala keluarga di desa celagen ini sebanyak 372 KK dengan jumlah total warganya mencapai 1.362 jiwa. Mayoritas masyarakat dari pulau ini adalah nelayan, hasil ikan menjadi sumber daya laut andalan dari Desa ini. Baik ikan tangkap maupun ikan laut yang sengaja dibudidaya oleh para nelayan. Produksi ikan hasil tangkapan nelayan desa celagen ini tergolong melimpah dan sangat dikenal dibangka selatan, bahkan tidak jarang banyak nelayan luar Bangka yang sengaja mencari ikan di perairan dari Pulau ini.

Meski terbilang kecil pulau celagen juga menyimpan keindahan pemandangan pantai yang sangat memesona mata, tepat dibagian ujung barat dari pulau kita bisa melihat keindahan pantai Pulau Celagen. Dan yang paling indah adalah sunset dan sunrise-nya pulau ini hampir dapat menyuguhkan adegan matahari terbit dan tenggelam di setiap harinya, terlebih saat cuaca cerah dan tidak sedang musim hujan. 

Pemandangan Pulau Celagen Dari Atas Menara Suar



Pemandangan Pesisir Pantai Pulau Celagen


Suasana Sunset di Pesisir Pulau Celagen