Apa saja Daya Tarik Dari Pantai Jerangkat

Pasir putih pantai jerangkat dan pesisirnya yang landai
Memiliki batuan unik berusia jutaan tahun menjadikan pantai Jerangkat sebagai aset geopark andalan dari Kabupaten Bangka Barat. Selain batuan, pantai ini juga menyuguhkan keasrian yang menggoda siapa saja untuk  berkunjung. 

Pantai ini terletak di Desa Ketap Kecamatan Jebus Bangka Barat. Disini terdapat batu diabas, batu yang kemunculannya masih menjadi misteri. Pasalnya batu diabas biasa muncul di daerah vulkanik, namun kenyataan Pulau Bangka bukanlah wilayah vulkanik membuat fenomena kemunculannya menjadi keunikan tersendiri. Hal ini juga yang membuat kami begitu penasaran dengan keberadaan batuan tua yang letaknya tepat di bawah kaki bukit penyabung.

Rute batuan menuju batuan diabas

Salah satu penampakan dari batuan diabas
Untuk melihat langsung geosite dari Pantai Jerangkat kita harus menempuh perjalanan yang memacu adrenalin. Yaitu menaklukkan hamparan batuan sedikit licin di pesisir pantai. Tidak hanya menyuguhkan keunikan batuan dengan usia jutaan tahun kawasan pantai jerangkat adalah surga bagi para nelayan baik nelayan pancing maupun nelayan jaring saat angin bersahabat nelayan ini bisa mendapatkan ikan dengan mudah di pesisir pantainya.
hasil tangkapan nelayan diolah menjadi kuliner khas yaitu lempah kuning
Pantai jarangkat menjadi pantai dengan keasriannya yang terjaga daya tariknya begitu menggoda wisatawan untuk berkunjung. Kekhasan pantai ini serupa dengan kebanyakan pantai di Negeri Serumpun Sebalai yaitu, pasir putihnya yang lembut dan pesisir nya yang landai. Hal ini tidak hanya menjadikan jerangkat sebagai kawasan geosite bernilai tapi sekaligus tempat yang ramah bagi keluarga.

0 Komentar