Barongko Pisang, Kuliner Suku Bugis Yang Ada Juga di Belitung Timur




Barongko kudapan manis khas masyarakat Bugis yang pas dinikmati saat santai.  Di Desa Buku Limau kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur mayoritas masyarakatnya adalah suku Bugis. Di Desa ini kita bisa menemukan kue Barongko dengan mudah.
Salah seorang ibu rumah tangga di Desa Buku Limau Ibu Ruki menuturkan jika kue Barongko menjadi camilan yang biasa dibuat oleh para ibu rumah tangga. Pemerintah desa dan masyarakat  Pulau Buku Limau kini tengah giat mempromosikan setiap kuliner tradisonal sebagai potensi wisata desa.


Barongko adalah kudapan berbahan pisang yang dibungkus daun pisang dan memiliki tekstur cukup lembut. Selain itu ciri khas lainnya dari Barongko adalah aroma pandan yang menggugah selera. Kuliner suku bugis ini  kerap dibuat pada upacara adat pernikahan atau disuguhkan saat menyambut tamu. 

Resep Barongko terbilang mudah didapat, diantaranya Pisang kepok matang, gula pasir, telur, santan, susu kental manis dan daun pisang sebagai pembungkus.


Proses pembuatannya campur pisang kepok dengan santan,gula, telur, susu kental manis, daun pandan atau pasta pandan lalu dihaluskan. Setelah lembut adonan akan bungkus dengan daun pisang lalu dikukus selama 30 menit dan Barongko pun siap dihidangkan.



0 Komentar