Nggak Perlu Jauh-jauh!! Buat Warga Pangkalpinang cukup Jajan disini Kalau Mau Makan Kue Khas Mentok


Kue Pelite

Anda pasti tidak asing dengan kue pelite, masyarakat Mentok tahu betul jika kue yang satu ini dikenal menjadi  panganan yang digemari presiden pertama Indonesia Sukarno saat diasingkan Belanda di Kota Mentok.

Tapi tidak perlu jauh ke Bangka Barat Kue Pelite dan aneka kue tradisional khas Mentok juga bisa dinikmati di Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung. 

Cukup datang ke Jalan Tangsi yang jaraknya tidak jauh dari dari pasar pagi Kota Pangkalpinang. Disini kita bisa melihat aneka panganan khas Mentok. Mulai dari kue pelite, tompek silong, penganan bakar dan lain sebagainya.

Selain kota Pusaka ibukota Bangka Barat ini juga dijuluki dengan kota seribu kue, hal ini didukung dengan keragaman jenis kue tradisionalnya yang hingga sekarang tetap dilestarikan masyarakatnya.

Pelanggan Peminat Kue Mentok Sedang menikmati kue

Seperti di kedai Haji Abang Alfian aneka kue khas Mentok  yang ada disini selalu tersaji hangat karena proses masaknya  dilakukan tidak jauh dari lokasi penjualan. Setiap harinya puluhan hingga ratusan kue disiapkan. Dan pelanggan bisa leluasa menikmati semuanya dalam kondisi fresh from the oven. 

Haji Abang Alfian Penjual sekaligus Pelestari Kue tradisional Khas Mentok

Melesarikan Kue tradisional di tengah gempuran aneka kue kekinian memang bukan perkara mudah. Namun bagi Haji Abang Alfian ini menjadi misi tersendiri menjaga dan melestarikan panganan para tetua di Kota Pusaka Mentok dan ini rutin dilakukannya  dalam 5 tahun terakhir.

Pelestarian kuliner lokal memainkan peran penting dalam menjaga keberagaman budaya. Setiap daerah memiliki masakan dan teknik memasak yang khas, dengan bahan-bahan lokal dan cara pengolahan yang unik. Makanan tradisional ini mencerminkan sejarah, adat istiadat, dan lingkungan alami dari suatu tempat. Dengan melestarikan kuliner lokal, kita dapat mempertahankan warisan budaya ditengah kompetisi aneka kuliner baru yang bermunculan. Semoga saja kekayaan kuliner tradisional tetap lestari.

Aneka jenis kue tradisional khas Mentok 


0 Komentar