Jika Semua Masjid Bisa Seperti Masjid Darul Arqam, Maka...


Masjid Darul Arqam Kecamatan Mentok

Masjid tidak hanya menjadi tempat berlangsungnya muamalah hablum minallah (muamalah antara hamba dan Rabb-nya Allah Subhanahu Wata'ala) tapi juga hablum minannas (muamalah antar manusia).

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bahkan menjadikan masjid sebagai tempat berlangsungnya berbagai kegiatan. Dari urusan kenegaraan, kesehatan, pendidikan, militer hingga ekonomi. Tidak hanya itu di masa Rasulullah masjid juga pernah difungsikan sebagai rumah sakit darurat yang mendukung aktifitas kemiliteran saat perang ahzab berlangsung.

Peran masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan sekaligus sosial juga berlangsung di Masjid Darul Arqam. Masjid ini terletak di Jalan Tanjung Kalian Kelurahan Keranggan Kecamatan Mentok Kabupten Bangka Barat. Selain kegiatan ibadah harian terdapat beberapa program sosial kemasyarakatan yang rutin berlangsung disini, diantaranya;

Program Infaq Beras Masjid

Program Infaq Beras.

Pengurus masjid Darul Arqam rutin menghimpun donasi beras melalui program infaq beras. Kegiatan ini dilakukan setiap bulan untuk memenuhi ketersediaan beras bagi masyarakat yang membutuhkan. Sedikitnya 10 ton beras berhasil dikumpulkan lalu dibagikan kepada mustahiq yang telah terdata. Jika program ini bisa berlangsung diseluruh Indonesia, mungkin tidak ada lagi cerita kelaparan yang terjadi disekitar kita.

Pemeriksaan Kesehatan Untuk Lansia

Pemeriksaan Kesehatan 

Ada sedikitnya 50 lansia yang ikut berpartisipasi dalam pemeriksaan kesehatan di Masjid Darul Arqam. Kegiatan ini melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Mentok. Setiap peserta dapat mengecek tekanan darah, asam urat dan lain sebagainya. Para lansia juga diberikan sayur gratis setiap kali melangsungkan pemeriksaan kesehatan disini. Program ini disambut positif oleh masyarakat sekitar masjid, tidak sedikit yang terbantu dengan program kesehatan yang dilakukan di Masjid Darul Arqam.

Tempat Bermalam Bagi Musafir

Fasilitas Bermalam Untuk Musafir 

Masjid Darul Arqam terbuka 24 jam untuk para musafir yang terpaksa harus bermalam. Terlebih bagi mereka yang hendak bepergian menggunakan kapal dari Bangka menuju Palembang atau sebaliknya. Tidak jarang para musafir ini tiba di Pelabuhan Tanjungkalian saat larut malam. Untuk itu pengurus masjid menyediakan ruang perpustakaan dan ruang shalat sebagai tempat musafir ini beristirahat.

Kantin Pendukung Giat Ekonomi

Fasilitas Kantin

Untuk menunjang aktifitas ekonomi bagi masyarakat sekitar terdapat kantin di seberang Masjid Darul Arqam yang menjual aneka makanan dan minuman. Khusus bagi musafir yang bermalam di masjid, mereka mendapatkan makan dan minum gratis saat makan di kantin ini.     

Minuman Gratis Untuk Umum

Minuman Gratis

Ada kopi dan teh gratis di Masjid Darul Arqam. Ini menjadi fasilitas lainnya yang disiapkan bagi para jamaah dan masyarakat lainnya yang singgah di masjid. Dengan kelengkapan fasilitas dan program yang ada diharapkan dapat menumbuhkan niat untuk memakmurkan masjid. sehingga terbangun generasi yang gemar mendatangi masjid dan terikat dengan masjid. 

Suasana Posyandu Dan pemeriksaan kesehatan 

0 Komentar