Mengenal Seni Kaligrafi Dari Santri Raudhatul Ilmi

Seni Kaligrafi Kontemporer

Salah satu seni artistik islami yang dihormati dan mengandung nilai-nilai Al Quran adalah Al-Khat atau kaligrafi. Kesenian ini menitikberatkan pada penulisan huruf arab dengan kaidah dan gaya tertentu. 

Di dunia pendidikan khususnya di pondok pesantren, al-khat memberikan pengaruh yang kuat dalam mendukung proses belajar mengajar. Salah satunya di Pesantren Raudhatul Ilmi Sungailiat Kabupten Bangka. Di pesantren ini setiap santrinya diajarkan keterampilan menulis huruf arab melalui pelajaran al-khat.

Pelajaran Al-Khat Di Pesantren Raudhatul Ilmi

Pimpinan pondok pesantren Raudhatul Ilmi Ustadz Donny bahkan menegaskan pentingnya pelajaran Al-khat dalam menunjang bakat dan kreatifitas santri. Hal ini didukung dengan komitmen pesantren yang menjadikan al-khat sebagai mata pelajaran wajib pada kurikulum pendidikan dan kegiatan ektrakulikuler. Dengan harapan pesantren Raudhatul Ilmi dapat melahirkan kaligrafer handal dan santri yang terampil di bidang seni Al-khat.

Ustadz Donny: Alkhat Penting Bagi Santri

Melalui kaligrafi santri belajar banyak hal, seperti nilai-nilai keislaman yang terkandung pada ayat Alquran atau hadist, hingga meningkatkan kemampuan berbahasa arab melalui  kata atau kalimat yang disusun dalam karya kaligrafi.

Lebih dari itu belajar kaligrafi juga mengajarkan santri tentang kesabaran, ketekunan dan tanggungjawab. Dimana santri dituntut konsisten melatih setiap tulisan agar sesuai dengan kaidah khat yang diajarkan.

Ustadz Firdian Salah Satu Pengajar Khat/Kaligrafi di Pesantren Raudhatul Ilmi

Pengajar kaligrafi di pesantren Raudhatul Ilmi Ustadz Firdian juga menambahkan fungsi penting kaligrafi dalam syiar islam. Yaitu mengajak setiap muslim untuk selalu berinteraksi dan membaca Al-Quran melalui karya indah kaligrafi. Dengan begitu setiap orang dapat lebih mendalami makna dan nilai kebaikan yang terkandung dalam Al-Quran

Pengembangan diri hingga syiar islam adalah sebagian dari banyaknya nilai-nilai keislaman yang terdapat pada seni alkhat atau kaligrafi. Hal ini tentunya semakin menegaskan hikmah dan kebaikan dari warisan seni islam yang satu ini.

Al-Khat Menjadi pelajaran sekaligus materi Extrakulikuler Pesantren

0 Komentar