Siap Dukung Ritual Sadap Air Kabung Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Bupati Bangka Tengah Akan Kerjasama Lintas Sektor

Algafry Rahman Siap Lestarikan Tradisi Sadap Air Kabung Desa Beruas


Atraksi budaya, ritual adat penyadapan air kabung yang dilakukan petani kabung Desa Beruas menjadi perhatian bupati Bangka Tengah Algafry Rahman. Menurutnya pemerintah kabupaten akan mencatat aset wisata budaya ini sebagai warisan budaya tak benda. 

Selain mendukung sektor UMKM, Algafry juga akan melakukan visualisasi legenda rakyat Air Mayang kedalam buku cerita sehingga akan banyak orang yang mengenal asal usul budaya penyadapan air kabung yang selama in dilakukan oleh masyarakat Desa Beruas.


“...kita ajak teman-teman nanti kerjasama dengan salah satu universitas. Saya yakin bisa untuk mengemas air kabung tidak hanya sebagai minuman tapi bisa jadi nanti dodol, kue atau bahkan menjadi obat..” tegas Algafry Rahman.



Langkah lain yang dilakukan untuk melestarikan budaya menyadap air kabung ini adalah dibentuknya kelompok tani atau Poktan yang menaungi seluruh penyadap kabung yang ada di Desa Beruas. Saat ini ada 15 petani yang tergabung ke dalam kelompok tani Air Mayang. Menurut ketua poktan Air Mayang Anshori Hironi, pengembangan UMKM air kabung akan fokus pada pelestarian adat dan budaya penyadapan air kabung sebagai warisan budaya tak benda. Fokus selanjutnya adalah pembangunan infrastruktur kawasan wisata air kabung yang direncanakan rampung di penghujung tahun 2023.

Ketua Poktan Air Mayang Anshori Hironi Akan Kembangkan Kawasan Wisata Air Kabung 

Untuk infrastruktur Anshori mengaku telah memiliki master plan destinasi wisata air kabung yang letaknya tidak jauh dari kawasan kolong SPAM Beruas. Di kawasan wisata ini akan dibuka lahan seluas 2 hektar untuk penanaman pohon kabung untuk poktan air mayang.

Saat ini penyadap kabung masih memanfaatkan 30 pohon aren milik warga yang tersebar di desa beruas. Kompensasinya pemilik batang kabung mendapatkan air dan gula kabung yang disadap oleh anggota poktan air mayang.


Dengan adanya infrastruktur wisata air kabung ini diharapkan akan banyak masyarakat luar desa bahkan luar provinsi yang berkunjung dan melihat langsung keunikan wisata air kabung dari Desa Beruas.


0 Komentar