Gara-gara fokus berkebun diusia lanjut, pensiunan PNS ini sembuh dari penyakit kronis.

Sehat dan produktif di masa pensiun dengan berkebun

Menghadapi masa pensiun menjadi tantangan tersendiri tidak sedikit yang menyiapkan berbagai rencana untuk menjalaninya. Dari mulai rencana finansial hingga menyusun berbagai kegiatan produktif untuk dilakukan saat waktu pensiun tiba.

Kegiatan yang digeluti pensiunan PNS asal Pangkalpinang, Bangka Belitung ini bisa jadi opsi menarik untuk dilakukan. Orang mengenalnya dengan Ayak Ichan, 25 tahun mengabdi sebagai penjaga sekolah disalah satu Sekolah Dasar Negeri Pangkalpinang, Ayak Ichan rela menyisihkan sebagian dana pensiunnya untuk memodali hobbynya dalam berolahraga. 

Namun olahraga ala Ayak Ichan dilakukan dengan cara yang berbeda, yaitu menggunakan cangkul dan parang sebagai alat untuk mengolah fisik.

"3 tahun lalu habis pensiun aktifitas yang dilakukan hanya mondar mandir dirumah terus nonton, justru ini yang membuat stress dan emosi. akhirnya saya memutuskan untuk lebih lama menetap di kebun dari pada di rumah"

Rasa jenuh dan bosan belum lagi kekawatiran akan kondisi kesehatan yang semakin menurun menjadi alasan Ayak Ichan fokus berkebun. Ditambah lagi riwayat penyakit kronis yang dideritanya, dalam 10 tahun terakhir Ayak Ichan harus menjalani enam kali oprasi dan perawatan intensif di Palembang dan Pangkalpinang akibat mengidap kangker usus dan batu ginjal.

Buah manis dari aktifitas berkebun yang dilakukannya selama 3 tahun terakhir dirasakan langsung Ayak Ichan. kondisi kesehatan yang semakin membaik ditambah hasil panen kebun yang menjanjikan. 

Diantaranya adalah buah durian. Saat musim durian berlangsung ayak ichan mampu memanen ratusan buah durian dari 30 pohon durian yang ada dikebunnya. Dalam satu hari Ayak Ichan berhasil meraup keuntungan sebesar 1 juta rupiah dari setiap penjualan durian yang dijajakannya di kota Pangkalpinang.

Tidak hanya buah durian aneka tanaman seperti manggis, singkong, jeruk kunci hingga pepaya juga berhasil dipanen. Ayak Ichan mengaku jika  berkebun adalah kegiatan produktif yang menguntungkan. Berhasil membuatnya lebih sehat, menguntungkan secara ekonomi dan sukses mengusir rasa bosan yang kerap dirasakannya saat pensiun.



0 Komentar