Lempah Kuning Sarat Tradisi Penuh Dimensi.

Lempah Kuning Ekor Ikan Tenggiri

Masakan rumahan selalu menjadi hidangan yang dirindukan apalagi jika diolah langsung oleh ibu, ayah, nenek atau orang tersayang. Apapun menunya selalu berhasil membawa kita pada dimensi yang berbeda. Dimensi kehangatan, kekeluargaan dan kenyamanan. 

Bisa dibayangkan jika resep dengan konsep ini tertuang dalam lempah kuning. Lempah yang aroma dan rasanya berhasil membawa kita menyusuri cerita masa lalu yang menyenangkan.

Puhako Ninek sejauh ini berhasil membawa nuansa rumahan yang otentik pada setiap olahan lempah kuningnya. Puhako berarti Pusaka dan Ninek artinya Nenek. Salah satu resep pembeda dari lempah kuning yang disajikan disini adalah belacan atau terasi. 

Terasi di rumah makan ini didatangkan langsung dari Bangka Selatan. Kabupaten yang sampai sekarang terkenal sebagai penghasil belacan terbaik di Bangka Belitung.
Resep tradisi dengan bahan yang khas

Bahan lain yang menjadi pembeda dari lempah kuning disini adalah terong bulu dan singkong. Terong berwarna kuning ini menjadi penguat rasa asam yang menyegarkan. Rasa asam dari lempah kuning biasanya dihasilkan dari asam jawa, daun kedondong atau bahkan buah nanas. 

Sebagai masakan tradisional yang kental dengan nilai budaya dan sejarahnya lempah kuning memiliki varian yang beragam. Ditinjau dari bahannya lempah kuning di Puhako Ninek identik dengan ikan laut. 

Dalam konteks sejarah, masyarakat pulau Bangka tempo dulu terbagi menjadi suku darat dan suku laut. Masyarakat suku laut yang tinggal dan menetap di laut atau pesisir pantai menjadikan ikan sebagai menu utama dalam setiap hidangannya tidak terkecuali lempah kuning.

Ini juga yang menjadi pembeda dengan lempah darat, lempah yang identik dengan suku darat.  Mereka adalah masyarakat yang hidup dan menetap di darat dengan cara berume atau berladang. Masyakarat ini menjadikan hasil buminya sebagai bahan utama dalam mengolah lempah darat.
Aneka ikan segar siap dijadikan lempah kuning

Menu penggugah selera: Lempah Darat Kates, Tumis Kulat, Ikan Tauco, Teh Serai Gula Kabung





Jenis ikan segar yang diolah menjadi lempah kuning ala Puhako Ninek sangat beragam, diantaranya ikan kakap merah, ekor kuning, ikan tenggiri, kerapu, ketarap, seminyak, ikan bulat, manggalih dan banyak lagi.

Dalam satu hari puluhan porsi selalu dipesan oleh para pencinta lempah kuning. Mereka tidak hanya berdatangan dari Pangkalpinang tapi juga kota-kota besar diluar provinsi seperti Jakarta bahkan terdapat wisatawan Korea yang rela menjajal kelezatan Lempah Kuning resep pusaka Ala Puhako Ninek ini.

0 Komentar