Jangan Dibuang, Di Amerika Ternyata Bisa Jadi Cuan!!!

Ketapang (Terminalia catappa) atau katapang adalah nama sejenis pohon tepi pantai yang rindang

Siapa yang menyangka jika dedaunan kering bisa menjadi komoditas ekspor yang bernilai tinggi. Limbah daun kering ini adalah daun ketapang, daun yang banyak ditemukan di kawasan pesisir dan tumbuh liar di wilayah lainnya di Indonesia.


Permintaan daun ketapang kering ini datang dari beberapa negara besar seperti Jerman  Amerika Serikat Jepang dan Korea. Mereka menjadikan daun ketapang kering sebagai produk penunjang industri aquarium. Kegunaan dari daun ketapang kering ini diantaranya penurun kadar PH air, obat bakteri pada ikan hias atau sebagai anti jamur.


Sadar dengan peluang bisnis yang menjanjikan, Lukman, warga asal Kota Pangkalinang, mencoba memenuhi besarnya permintaan daun ketapang kering di pasar dunia. Bisnis ini dirintis Lukman sejak tahun 2021.  Sekarang ada sedikitnya 12 pegawai yang ikut bekerja menyiapkan daun ketapang kering ini.

Pemberdayaan Masyarakat dan Membuka Lapangan Pekerjaan 

Total 30 ribu bungkus permintaan daun ketapang kering yang akan di ekspor menuju Amerika. Untuk memenuhi permintaan ini  Lukman membuka peluang bagi masyarakat Bangka Belitung yang dapat mengumpulkan daun ketapang kering ini.  Setiap 12 lembar daun ketapang yang telah dicuci dan disetrika akan dibeli Lukman seharga Rp.2500.


Pembentukan ukuran daun ketapang dengan cara digunting 

Daun ketapang kering ini kemudian akan di gunting menjadi berbagai ukuran dari yang  terkecil hingga yang besar. lalu kemudian di bungkus dan siap untuk di ekspor. Setiap bungkus dijual dengan harga 4 sampai 6 dolar atau setara Rp.63.000. 


Tidak hanya daun ketapang kering ada daun lain yang juga diminati oleh perusahaan aquarium di luar negeri diantaranya daun dadap, daun nangka dan buah cemara (kasuari nakon). Menurut Lukman sejauh ini saingan terbesar dari Indonesia adalah Sri Langka dan Thailand yang juga memiliki persediaan daun ketapang yang cukup banyak.


Tidak hanya membantu kalangan ibu rumah tangga, bisnis ekspor daun kering yang digagas Lukman ini mampu menjadi inspirasi bisnis dengan penghasil yang tinggi. Apalagi daun ketapang tergolong tanaman yang mudah ditemukan di berbagai wilayah tanah air.

Exportir daun Ketapang Kering

0 Komentar