Sejak Kapan Kalian Sadar Kalau Motif Ternyata Penting?


Motif dasar dari sebuah simbol dan seni

Semakin sadar kalau hidup perlu corak dan motif. Tanpa motif semua terlihat sama, datar, polos dan itu-itu saja. Sejarah motif tidak pernah lepas dari peradaban. Bahkan peradaban manusia dibuktikan dengan jejak motif yang ditinggalkan. Lihat saja bagaimana lukisan purbakala yang ada di gua-gua, di bebatuan atau di media lainnya. Peninggalan penuh corak dan motif ini mampu membuka sejarah peradaban masa lalu. 


Ragam hias sarat motif juga tertuang pada banyak karya seni, batik salah satunya. Ini juga yang melandasi pemikiran bahwa motif, corak dan figur berperan penting. Latar belakang dari setiap motif ini mampu menjadi identitas. Menjadi cerita dan unsur pelabelan dari sebuah kearifan lokal. Batik Kampung Katak menjadikan segala potensi yang ada di Bangka Belitung sebagai inspirasi  pada setiap karya batiknya.

Panen sahang Identitas dari kekayaan Bangka Belitung

Contohnya kita mengenal lada sebagai identitas bumi serumpun sebalai. Saat identitas ini menjadi motif pada karya lahirlah nilai budaya, kreatifitas dan nilai nilai lainnya.


Endang Srihastuti, seniman batik asal Pangkalpinang juga membenarkan tentang pentingnya motif dalam sebuah karya. Menurutnya motif yang identik mampu menjadi pembeda dari banyaknya karya batik yang beredar. 

Motif pada batik kampung katak, ibarat landscape Bangka Belitung yang tertuang pada kain. Kain ini  menunjukan budaya, kekayaan alam dan kelestarian tradisi dari bumi sejiran setason.

Setuju kalau nggak kalau motif itu penting?

  


0 Komentar