Kamis, 22 Oktober 2015

Fakta Tentang Pulau Seliu




TERKENAL SEBAGAI PULAU PENGHASIL KOPRA (DULU)
Dijaman orde baru Pulau ini menjadi satu-satunya pulau terpencil di wilayah Bangka Belitung (saat itu Sumsel Babel) yang dikunjungi oleh menteri koperasi orde baru, mengingat pulau ini terkenal sebagai pulau penghasil kopra terbesar. ini terbukti dengan banyaknya pohon kelapa yang tersebar di Pulau seliu.



LIU-LIU
Mungkin Liu-Liu-lah nenek moyangnya arko. Orang setempat memanggilnya dengan kereta surong atau Liu-liu, kendaraan inilah yang digunakan masyarakat Pulau Seliu tempo dulu untuk mengambil kelapa dihutan dan mendorongnya ketempat pembuatan kopra. Beberapa orang juga meyakini jika asal nama Pulau Seliu diambil dari kata liu-liu ini. Dinamakan liu-liu karena setiap didorong roda gerobaknya mengeluarkan bunyi yang menyerupai suara “liu-liu-liu-liu”



KETERBATASAN LISTRIK
Pembangkit listrik tenaga disel menjadi penopang sumber energi di pulau ini, aliran listriknya hanya menyala pada pukul setengah lima sore hingga 6.30 pagi. Setidaknya pola ini membuat masyarakat penghuni Pulau Seliu memiliki keunggulan dalam hal disiplin, mereka menggunakan waktu pagi hingga sore sebagai jam beraktifitas, tidak ada yang asik nonton tivi atau berleha mendengarkan musik sambil berkaroke. Sedangkan dimalam hari mereka menggunakan waktu untuk beristirahat dan bersantai mengakses berbagai sajian informasi dan hiburan dari media elektronik. unik, berbeda jauh dengan masyakat kota-kota besar yang bisa bebas menonton tivi, menyalakan kulkas, dan mengecas handphone kapan saja.



MINUS SMA
Fasilitas pendidikan di pulau ini minus sekolah menengah atas atau SLTA sederajat. Warga setempat dapat menyekolahkan anaknya dari jenjang PAUD, TK Satap (satu atap) SD, Dan SMP dipulau ini. Untuk melanjutkan ke jenjang SMA  penduduk Pulau biasanya bersekolah di kecamatan Membalong, atau ke Tanjung Pandan




JUARANYA SUNRISE (SET) 
Pantai Tajur dan Tanjung Marang Buloh adalah dua tempat yang wajib dikunjungi jika datang ke pulau ini, anda pencinta sunrise datang dan nantikan eksotisnya matahari pagi dipantai tajur. Sebaliknya saat matahari terbenam anda juga dapat menikmati matahari sore di ujung barat Pulau Seliu dan letaknya ada di Tanjung Marang Buloh. 
  
Sebenarnya banyak lagi fakta unik dan menarik tentang Pulau yang satu ini, kita dapat dengan mudah menggali informasi Pulau Seliu dari masyarakatnya yang ramah dan terbuka, tidak heran jika banyak orang yang betah dan ingin berlama-lama untuk singgah di Pulau Seliu.
Load disqus comments

0 komentar