Kamis, 15 Oktober 2015

Pulau Seliu


Jarak pulau ini hanya 20 sampai dengan 30 menit dari pelabuhan Teluk Gembira Kecamatan Membalong Belitung, dan satu sampai dua jam perjalanan jika ditempuh dari bandara Hanandjoeddin Tanjungpandan. Untuk sampai ke pulau kita harus menggunakan kapal ukuran sedang yang biasa digunakan oleh masyarakat Pulau Seliu sebagai sarana transportasi penyebrangan.

Cukup membayar 10.000 Rupiah perorang dan 10.000 lainnya jika anda menaikan kendaraan seperti motor keatas kapal. Jangan tanyakan berapa upah menaikan mobil ke kapal ini, karena selain ukuran kapalnya yang kecil,  masyarakat Pulau Seliu hanya menggunakan motor sebagai alat transportasi didalam pulau, sebagian ada juga yang menggunakan sepedah dan berjalan kaki.


Luas pulau ini mencapai 1.530 hektar dengan banyak penduduk 1.140 jiwa dan 367 kepala keluarga, sebagian besar masyarakat pulau ini berprofesi sebagai nelayan bahkan mencapai 90% dari jumlah penduduknya, sebagian kecil lainnya adalah pekebun atau petani dan pedagang, tidak heran jika saat berwisata kuliner disini, kita akan lebih banyak disuguhkan seafood dibanding sayur. Hasil lautnya pun sangat beragam, aneka ikan, kepiting, kerang, udang, hingga teripang  berserakan di laut sekitar pulau.
Berkunjung kepulau ini pada bulan Oktober adalah syurga bagi pecinta buah mangga, kita dengan mudah menemukan tanaman mangga berderet disepanjang jalan dan didepan pekarangan rumah masyarakat  pulau ini, jenisnya beragam dan rasanya luar biasa manis.




Tidak lengkap jika menikmati pulau ini tanpa menikmati keindahan baharinya, dari ujung barat hingga timur, mata seperti dibuai dengan eksotisme pantai khas Belitung yang identik dengan pasir putih dan batu granitnya yang terhampar.
Pantai Tanjung Marang Buloh adalah spot yang pas bagi pecinta sunset. Berendam sambil menikmati hangatnya air laut dengan pemandangan gradasi kuning kemerahan matahari terbenam adalah syurga kebebasan bagi siapapun yang setia mencintai pemandangan alam.

Load disqus comments

0 komentar