THE KOLONG

Sebenernya ini bukan tempat wisata tapi entah kenapa media sosial berhasil menyulap lahan pasca tambang ini menjadi menarik dan mengundang penasaran banyak orang.
Orang Bangka manggilnya kolong, atau gubangan besar bekas aktifitas penambangan, belum tahu jenis tambang legal atau sebaliknya, lagian legal atau tidak legal disini sudah jadi hal yang biasa didengar..


Setau saya kawasan pasca tambang ini tergolong lahan kritis, atau lahan yang tidak produktif untuk ditanami jenis tanaman perkebunan, pertanian dan holtikultura. Akhir-akhir ini tidak jarang banyak orang pintar yang mencoba mngubah lahan pasca tambang  menjadi lahan subur dan produktif. Memang bukan keniscayaan, toh ada lahan pasca tambang yang sekarang menjadi kawasan agrowisata dipangkalpinang, terintegrasi dan menjadi subur. intinya-mah bisa kalau ada kemauan.

Letaknya di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, banyak orang mengenalnya dengan sebutan air bara atau aik barre ada juga yang bilang air biru, sayang penduduk sekitar belum sadar kalau ada kolong yang semenarik ini didekat kawasan mereka tinggal. Warnanya biru, ini yang membuat kolongnya begitu unik dan indah, pantas banyak orang penasaran. Belum banyak yang tahu penyebab birunya warna air kolong ini, ada yang bilang karena pantulan cahaya matahari, karena genangan air dikolong ini kepalang jernih,fenomena alam dan lain-lain, yah asumsi saya masih berkutat pada hal-hal diatas. Jika ada alasan ilmiah lain dengan senang hati saya adopsi.
terdapat satu kolong lainnya di tempat ini, tapi dengan warna airnya yang hijau, bagi saya dua-duanya menarik, dan unik..


Dibangka belitung memang terhampar kolong-kolong bekas galian tambang timah, tapi tidak semuanya menarik perhatian banyak orang, hanya beberapa saja yang memiliki keunikan seperti air barra ini, di belitung juga ada dan dikenal dengan danau kaolin.
Selain menggali tanah untuk mencari timah, ternyata menambang juga bisa membuat objek destinasi wisata yang ramai dikunjungi seperti ini.




Comments