Sunday, 24 April 2016

EKSOTIKA PONGOK


Perjalanan Menuju Kepulauan Pongok
Ini untuk kedua kalinya saya berkunjung menuju kecamatan kepulauan Pongok kabupaten Bangka selatan. Setelah pada Februari 2016 lalu saya juga sempat berkunjung ke kecamatan yang sama untuk melihat proses pembuatan ikan kering disentra ikan asin Desa Celagen.


Selain Ikan Tangkap Ikan Budidaya jenis Kerapu dan Sunu Juga menjadi potensi hasil laut kec. Kepulauan Pongok
Selain Desa Celagen kecamatan kepulauan Pongok memang memiliki satu Desa lainnya yaitu Desa Pongok, dari hampir 4000 jiwa warga Pongok 90 persennya berprofesi sebagai nelayan. Hasil laut memang menjadi kekayaan andalan dari Desa ini, tidak jauh berbeda dengan Desa Celagen.
Jika kedatangan pertama saya ke kecamatan ini untuk mencari tahu potensi hasil lautnya, kali ini saya berniat untuk melihat potensi wisata bahari dan keindahan bawah laut dari Desa Pongok. Rasa penasaran akan keindahan kecamatan ini memang menjadi daya tarik yang saya simpan sejak kunjungan pertama ke Pulau ini, dan syukur Alhamdulillah bisa kesampaian. 

Siap Mengeksplorasi keindahan Kepulauan Pongok 
Di temani oleh kawan-kawan dari dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Bangka selatan, perjalanan mengeksplorasi keindahan kecamatan kepulauan Pongok dengan sebaran pulau yang dimilikinya-pun dimulai.
Tujuan pertama kami adalah pulau salma, jarak pulau ini sekitar 30 menit dari pelabuhan Pongok. saya belum tahu latarbelakang kenapa pulau ini dinamakan Salma. Yang saya tahu pulau ini memiliki luas hampir dua hektar dan tidak berpenghuni.
Dimalam sebelum berangkat, bang anton (kapten kapal yang mengantarkan kami ke pulau Salma) sempat merekomendasikan lokasi selain pulau Salma untuk dapat kami eksplore keindahannya, alasannya perairan dari pulau ini sering menjadi sarang hiu, dan terkenal angker bagi beberapa nelayan. Namun niat kuat kami untuk melihat potensi bawah laut Bangka selatan dan mengenalkannya pada dunia semakin membulatkan tekad untuk mengunjungi Pulau Salma.

Saat Tiba Di pulau Salma
Dari kejauhan, pasir putih yang mengelilingi pulau ini terlihat jelas, bahkan disaat tertentu pulau ini kerap dikunjungi penyu untuk menetaskan telurnya, sayangnya pada kunjungan ke pulau salma kali ini saya tidak menemukan adanya penyu disini.

Persiapan Diving Dipulau Salma

 Air laut di sekitar pulau nampak bening bahkan terumbu karang dan aneka jenis biota laut dapat terlihat dari perahu. Dan lagi-lagi saya ucapkan terimakasih untuk kapten anton yang bersedia mengantarkan kami berkeliling di kecamatan kepulauan Pongok dengan perahunya. 
Keindahan Bawah Laut Pulau Salma
Meski tidak menyelam langsung dan hanya menikmati keindahan bawah laut dengan bersnorkling,  saya Cukup dibuat takjup dengan keindahan pemandangan dalam air yang ada di pulau salma. Sayangnya ada beberapa karang mati dan patah akibat ulah oknum nelayan yang menggunakan bom ikan untuk menangkap ikan atau mungkin dengan cara-cara lainnya yang tidak terpuji, sehingga merusak ekosistem bawah laut. Semoga aparat bisa menindak tegas.



Meski jaraknya yang jauh namun jika dikelola dan dirawat Pulau Salma mungkin bisa menjadi alternative wisata bawah laut dari kabupaten Bangka Selatan.

Pantai Batu Tambun
Selesai dari pulau salma, saya pun melanjutkan perjalanan menuju ujung timur pulau Pongok, disini terdapat pantai yang selalu dikunjungi warga Desa pulau Pongok atau Celagen. Pantai ini disebut dengan batu tambun. Di kenal dengan batu tambun karena banyaknya batu granit yang mengitari hampir sepanjang pantai. 

Keunikan Batu Tumpang Di pantai Batu tambun
Mengelilingi pantai batu tambun saat air laut surut cukup menyenangkan saya dengan mudah dapat berkeliling di pesisir pantai melihat bentuk dari bebatuan granit yang unik, seperti batu betumpang ini. Sangat mudah untuk takjup jika melihat bentuk dan letak dari batu granit yang dikenal warga sekitar dengan batu betumpang, karena keunikan bentuk dan letaknya.


Sudut Pantai Batu Tambun
Tidak hanya jernih keindahan bawah laut dari pantai batu tambun juga sangat menarik dan sekali lagi pantai yang satu ini layak menjadi destinasi wisata bahari andalan dari kabupaten Bangka selatan, terlebih jika ada sedikit sentuhan dari pihak terkait.
Pasir Putih Pantai Batu Tambun
Tidak banyak pulau dan tempat yang dapat saya kunjungi untuk mengeksplorasi keindahan bahari dari Desa Pongok. Keterbatasan waktu dan factor hujan menjadi penghalang petualangan saya menyusuri kepulauan Pongok. yang terpenting saya tahu ternyata masih banyak potensi bahari yang belum terjamah dan terkelola dengan baik di negeri serumpun sebalai ini. Padahal keberadaannya mampu menjadi asset pariwisata yang luar biasa. 
Bang Anton, Kapten kapal, penyelam sekaligus Nelayan. Tengah Bercerita tentang Potensi wisata bahari Kepulauan Pongok

Diver, Crew dan lain-lain (tim eksplorasi pongok)