Rabu, 01 November 2017

Ke Bangka Selatan, Jangan Lupa Kunjugi Wisata Rumah Pohon di Bukit Ini


Salah satu Rumah Pohon Di Bukit Gebang
Ini Alasan Bukit Gebang Jadi Hits.
Tidak ada yang menyangka kalau bukit gebang akan menarik perhatian banyak kalangan. Padahal lahan seluas hampir tiga hektar di puncak bukit ini adalah lahan pribadi yang digunakan pemiliknya sebagai perkebunan sahang atau lada.
Petani pemilik kebun lada ini kemudian membuat satu rumah pohon sebagai tempat istirahat dan bersantai. Siapa sangka beberapa warga desa nangka menggunakan rumah pohon sebagai spot berfoto dan mengunggahnya ke sosial media. Hingga akhirnya. Boomm!!! Viral...udah gitu doang.



Kebun Sahang Dipuncak Bukit Gebang
Dimana Bukit Gebang?
Lepas dari perbatasan Bangka Tengah-Bangka Selatan kita langsung menuju Desa Nangka Kecamatan Air Gegas. Dari plang bertuliskan Bukit Gebang yang ada dipinggir jalan utama kita akan menyusuri rute perkampungan yang jaraknya sekitar 15 menit hingga sampai kekaki bukit.  Dari kaki bukit kita bisa menggunakan jasa ojek atau berjalan kaki untuk dapat kepuncak , hanya membutuhkan waktu kurang dari sepuluh menit saja untuk sampai dipuncak apalagi kondisi jalan-nya yang beraspal, tidak sulit rasanya untuk berjalan menikmati sensasi memanjat dan berkeringat. 
Spot pertama rumah pohon, ini yang konon menjadi cikal bakal terkenalnya Bukit Gebang
Saat tiba dipuncak disamping kiri bukit gebang ada bangunan tua milik PT Telkom yang sudah tidak terpakai, namun mess-nya masih layak untuk digunakan.
Ada satu rumah pohon yang menyambut kami saat tiba diarea bukit gebang, konon rumah pohon inilah yang menjadi cikal bakal dikenalnya bukit gebang jadi tempat wisata.
Semilir angin bukit yang menyegarkan langsung  menyapu badan saat tiba disini. 

Banyak Spot Foto Yang Instagenic
Spot foto yang instagenic saat ini memang menjadi buruan banyak netizen termasuk saya. Sensasi yang didapat bukan hanya kepuasan memandang foto yang layak dipajang atau dipamerkan dietalase sosial media, tapi juga ada pengalaman yang bisa kita simpan sebagai cerita.
Spot Instagenic Untuk Berfoto
Panggung I Love You menjadi spot menarik yang bisa kita nikmati untuk berfoto, rumah pohon yang letaknya diujung tebing dari bukit ini juga sangat-sangat bisa untuk menjadi spot foto yang memuaskan dan isntagramable. Tapi harus ekstra hati-hati memanjat batu granit dan pastikan tidak menggoyangkan rumah pohon terlalu berlebihan, meski cukup kuat tapi ada saja kengerian yang dirasakan jika menggoyangkannya. Hahaha (parno).
Area jembatan yang menjorok kearah tebing lainnya juga pas untuk dijadikan spot berfoto dibukit gebang. Dan banyak lagi..! yang paling penting dari itu semua adalah persiapkan partner yang sabar dan rela untuk memotret  kita, karena dibalik angle dan hasil foto yang pas ada fotografer yang keringatnya terkuras.

Wisata Alam Potensial
Sampai sekarang bukit gebang jadi tempat yang diperhitungkan oleh banyak kalangan untuk berwisata. Dari ketinggian 200 meter diatas permukaan laut kita bisa menikmati pemandangan Desa Nangka dan perbatasan pantai antara Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan.
Keseruan diatas rumah pohon. Pastikan Muatan tidak lebih dari lima orang, Kapasitas terbatas!!
Untuk menimati pemandangan dari atas bukit ini kita bisa nongkrong dibeberapa spot yang tersedia.  Sadar jika potensi wisata yang disuguhkan dipuncak ini mengundang banyak pengunjung, tanpa menunggu lama dibentuklah Komunitas Pemuda Bukit Gebang atau KPBG, yang begitu keras bekerja secara swadaya membangun rumah pohon jembatan dan panggung kayu I Love You tadi. Hingga akhirnya dikenallah bukit gebang mejadi destinasi wisata seperti sekarang. 
Saya sempat ngobrol dengan Bang Angga wakil ketua KPBG sekaligus anak dari pemilik lahan kebun sahang di puncak Bukit Gebang.
Sejak viralnya Bukit Gebang sebagai destinasi wisata, 40-an anggota KPBG langsung tancap gas untuk melengkapi berbagai macam fasilitas. Dana mereka kumpulkan secara swadaya untuk membangun jembatan dan bangunan lainnya, mereka juga kadang mengelola uang hasil parkir pengunjung untuk melengkapi berbagai fasilitas 
Bersama Wakil Ketua dan Anggota KPBG
Bang Angga dan anggota KPBG rencananya masih akan membangun banyak hal agar potensi wisata ini dapat lebih menarik lagihhh. Kepala Desa Nangka juga mengaku tidak akan tinggal diam untuk mendukung percepatan pembangunannya dengan dukungan anggaran yang desa miliki. Semoga saja  KPBG akan terus berjuang dan berinovasi tanpa lelah, sehingga kawasan wisata yang begitu potensial ini akan terus hits di Bangka Belitung. 
Load disqus comments

0 komentar