Kamis, 16 November 2017

"Munjang Mangrove Jilid 2" Kesejukan Penuh Inspirasi

tempat Penangkaran kepiting dan udang bakau

Konservasi dan Kelezatan Kepiting Bakau
Yang nyangka kita hanya menikmati keindahan dan kesejukkan mangrove di hutan mangrove Kurau Barat, jelas salah besar. Disana juga kita bisa menikmati kelezatan kepiting dan udang bakau yang terdapat di penangkarannya.
Komunitas Gempa 01 sengaja Membangun penangkaran sebagaimana tempat konservasi habitat kepiting dan udang. Setiap panen mereka bahkan melakukan ritual pelepasan kepiting ke alam bebas. Teknisnya mereka akan melepas kepiting betina yang siap bertelur dikawasan berbeda dari tempat penangkapan pertama untuk menghindari penangkapan yang kedua kalinya.
"kita memang sengaja melakukan proses pelapasan kepiting betina ditempat yang berbeda untuk menghindari penangkapan yang dua kali" jelas Bang Yasir Kordinator Gempa 01. 

Wisata Alami Plus edukasi Hutan Mangrove Munjang


Pelepasan Kepiting Betina Siap Bertelur

Ngentem ketem bakau
"Nilai cinta lingkungannya dapet nilai ekonominya juga dapet". Selain konservasi , keberadaan penangkaran kepiting dan udang bakau ini juga menjadi sumber dana  pengembangan wisata hutan mangrove. Tidak heran jika komunitas ini dapat membangun trek kayu atau jembatan yang membelah hutan mangrove dengan swadaya, tanpa harus repot-repot mengajukan proposal ke instansi pemerintah atau perusahaan swasta lainnyaSalut.  Dari penangkaran ini juga lah Pengunjung bisa mencicipi kelezatan ketam bakau. Jadi kita bisa berwisata edukasi dan alam sekaligus berwisata kuliner.


Terus Berkembang
Pasca peresmiannya oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Perkembangan kawasan wisata hutan mangrove di Kurau Barat cukup pesat. Keberadaannya menjadi alternatif destinasi wisata bagi banyak wisatawan.
beberapa foto pembangunan trek didekat muara atau mulut naga juga sempat dipublish di fanpage Mangrove Munjang dan Facebook Bang Yasir. Selain bikin Penasaran Foto-fotonya sudah pasti bikin ngangenin. Ingin rasanya rekreasi lagi dihutan mangrove ini.

pembangunan Trek kayu lainnya yang tengah dipersiapkan (sumber: https://web.facebook.com/yasirmunjang/posts/528933250791761)
Terakhir saya berkunjung  pada bulan juni kemarin beberapa perubahan yang saya lihat saat itu adalah keberadaan trek kayu yang sudah membelah kawasan hutan mangrove dan berakhir disungai munjang. Ada juga lorong ilmu yang tengah hits di media sosial. Dari lorong ini kita siap-siap berwisata edukasi tentang aneka jenis mangrove dan habitatnya yang ada disepanjang trek kayu. 

Revolusi Penghijauan Ex-Tambang Timah
Berkarya untuk negeri adalah semangat tanpa henti yang selalu digaungkan komunitas Gempa 01. Selalu saja ada inovasi yang coba diwujudkan dengan potensi yang mereka miliki. Seperti mencoba membudidayakan mangrove di lahan bekas pertambangan. Jika benar dapat ditanam, sudah pasti akan menjawab pertanyaan banyak kalangan tentang status lahan kritis eks tambang timah yang hampir tidak dapat kembali dimanfaatkan.

Menanam Mangrove Di lahan eks tambang
Menurut Bang Yasir terdapat salah satu jenis mangrove yang tahan banting dan dapat dibudidayakan dilahan pertambangan, jenis mangrove ini dinamakan dengan mangrove ampibi. Jika anda datang kekawasan Wisata Hutan Mangrove anda pasti akan melihat deretan bibit mangrove ini  banyak dibudidayakan diarea penyemaian. Beberapa bibit jenis mangrove ampibi menurut bang yasir telah dicoba untuk ditanam dan bahkan menunjukan hasil positif dan tumbuh dengan subur. Semoga saja dapat dikembangkan hingga akhirnya benar-benar menjawab kebutuhan reklamasi. 


Papan Inspiratif 
tidak hanya Keindahan Dan kesejukkannya, Ada Papan inspiratif Yang Bikin Kita Betah buat stay lama di Kawasan wisata Munjang Mangrove. Papan ini tidak hanya dibuat sebagai penghias hutan saja tapi quote yang terdapat dipapannya juga mengandung makna yang mendalam dan penuh inspirasi.

Papan Inspiratif
Jeramba Cinta Kawasan Bahagia
Lupakan Mantan Sayangi Hutan
Inilah alternatif kawasan wisata yang memanjakan mata, bagi anda yang bosan dengan pantai, suntuk dengan hiruk pikuk kota, dan ingin refresh paru-paru anda dengan udara segar. silahkan datang kekawasan hutan edukasi, hutan wisata Munjang Mangrove, Kurau Barat di Kabupaten Bangka Tengah 

Load disqus comments

0 komentar