Rabu, 15 November 2017

Nggak Perlu Ke Solo, Lukisan Wayang Beber Ada Juga Di Bangka

Lukisan Wayang Beber
Sosok Dibalik Lukisan Wayang Beber
Yang sering pergi ke Pantai Tongaci pasti tidak asing dengan warna-warni lukisan khas bernuansa wayang. Keberadaannya menghiasi sebagian sudut tembok bangunan yang ada di kawasan wisata edukasi ini.
Contohnya kalau kita pergi ke area penangkaran penyu,  kita akan mendapatkan balok kayu berukuran besar dan penuh dengan karya lukisan. Atau kalau kita sedang iseng berjalan mencari toilet diarea lokomotif. Kita bisa melihat keberadaan lukisan didinding bagian samping dari gedung Artshop atau Library.
Sebenarnya ini lebih ingin menjawab rasa penasaran saya saja tentang siapa sebenarnya sosok pelukis dibalik ini semua. Dan akhirnya saya bisa bertemu langsung dengan Mas Dani Iswardana laki-laki asal  Solo yang telah malang melintang didunia seni lukis, bahkan jauh sebelum mas dani datang ke negeri serumpun sebalai.

Mas Dani Iswardana Pelukis Wayang Beber Asal Solo
Sejak datang ke Bangka Belitung tahun 2016 lalu, ada empat karya yang telah dibuat oleh Mas Dani. Kalau kita jeli dan nggak hanya fokus dengan keberadaan warna-warni payung yang ada di lokomotif ini, pasti kita bisa lihat keberadaan karya lukisan wayang dari Mas Dani.  Buat saya lukisannya sangat menarik dan unik. 

Wayang Beber
Karya seni lukis Mas Dani bisa dikategorikan sebagai lukisan wayang beber. Istilah beber (nggak pake justin yaa)  bisa dimaknai dengan membentangkan. Kalau dengar istilah membeberkan rahasia pasti langsung ngeh arti dari Beber itu apa. Kenapa penting banget harus mengerti "beber" dari segi bahasa?? Karena lebih mudah memahami arti Wayang Beber jika ditinjau dari arti secara bahasa. 
Setiap Lukisan Seperti Lembaran Komik Dengan cerita yang saling berkaitan
Wayang Beber adalah gambar wayang yang dilukiskan pada selembar kain atau kertas dan berisi gambar tokoh-tokoh pewayangan. Setiap lembarnya memiliki cerita tersendiri. Kadang cerita yang disuguhkan saling menyambung dari lembar satu kelembar lainnya. Wayang ini juga banyak berkembang dipulau jawa sejak masa kerajaan majapahit.
Jadi jika melihat lukisan wayang di dinding galeri yang ada dilokomotif sebenarnya kita sedang disuguhkan  dengan sequence cerita pewayangan menarik dengan tokoh-tokoh pewayangan yang ada. Seru kan!?.
Intinya jangan sampai kita hanya fokus menikmati suguhan Galeri edukasinya saja saat berada di De Lokomotif. Tapi juga Pastikan kita bisa menikmati karya seni lukisan Wayang Beber yang terpajang dibeberapa tempat di kawasan wisata Pantai Tongaci Atau De Locomotif



Load disqus comments

0 komentar