Selasa, 14 Mei 2019

Mercusuar Pulau Besar Dalam ANGKA

Mercusuar Pulau Besar
Mercusuar Pulau Besar dikenal juga dengan Mercusuar Lampu Besar. Letaknya  di Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan. Bangunan ini menjadi salah satu peninggalan Belanda yang usianya lebih dari satu abad. Ada angka-angka menarik yang berhasil dihimpun saat pertengahan april kemarin berkunjung ke Mercusuar kebanggaan masyarakat Desa Batu Betumpang ini. 


👉170+5+10
Ada makna unik dibalik kombinasi angka diatas. Dari pantai Batu Betumpangi kita akan menyeberang menuju pulau tempat menara berada dan melalui jalan batuan sepanjang 170 meter. 
Yang unik dari pulau ini adalah bentuknya yang menyerupai ikan pari saat dilihat dari ketinggian. Jika kondisi air laut pasang bersiaplah untuk menaiki sampan atau perahu nelayan agar dapat menyebrang. Dengan sampan kita hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 5 menit saja. 


Proses perjalanan menggunakan perahu saat air laut pasang
Berbeda saat kondisi permukaan laut sedang surut,  lebih leluasa rasanya menyusuri tumpukan batu granit yang tersusun rapi menuju pulau, jangan takut lelah karena lama perjalan yang kita tempuh kurang dari 10 menit saja kok. Tapi wajib ekstra hati-hati!, karena batuan yang ada tertutup lumpur dan lumayan licin. 



👉1+3
Tepat diatas pintu masuk menara tertulis tahun dibangunnya menara suar yaitu tahun 1888 atau sekitar 1 abad 3 dasawarsa. 
Pintu Masuk Menuju Menara
Namun meski terbilang tua bangunan ini masih sangat kokoh dan masih berfungsi menjadi navigasi banyak kapal besar atau perahu nelayan yang melewati selat Bangka.


👉22+200+21+4
Jika berniat menaiki puncak menara pastikan kuat mental karena kita akan disuguhkan 22 lantai dan 200-an anak tangga yang memutar dari bawah hingga puncak menara. Alur tangga lebih sempit dari mercusuar Tanjung Kalian Muntok  atau mercusuar Pulau Lengkuas Belitung. Bisa dipastikan rangkaian anak tangga yang menantang ini cukup berdesakan jika dilalui dari dua arah. 
Pemandangan menara dari depan

pemandangan dari puncak menara

Yang unik adalah keberadaan 21 jendela yang tersusun dari lantai dasar hingga puncak, semakin tinggi semakin indah pemandangan yang bisa dilihat dari jendela ini. 
Selain 21 jendela, mercusuar ini juga memiliki 4 pintu, satu pintu masuk mercusuar, dua pintu dilantai 18 dan satu pintu lainnya dilantai 21.

👉12+8
Di puncak menara kita bisa melihat lampu mercusuar yang lumayan besar. tidak heran jika nama dari menara suar ini disebut juga dengan menara lampu besar. Jarak pancar lampu ini mencapai 12 mil. Lampu ini menjadi navigasi para nelayan lokal dan akan berputar setiap 8 detik sekali.
Lampu Menara
Silahkan menambahkan angka-angka yang anda tahu dan berkaitan dengan menara suar Pulau Besar dikolom komentar. Terimakasih untuk Pak Ruslan Staff kecamatan Pulau Besar yang telah mendampingi kami saat berkunjung ke Mercusuar bersejarah ini. Pastikan anda berkunjung menikmati bukti sejarah diujung selatan pulau bangka yang satu ini.😉😊


Load disqus comments

0 komentar