Rabu, 08 November 2017

Gurok Beraye Waterfall: Air Terjun Penumpas Kepenatan

Air Terjun Gorok Beraye, Orang Biasa juga mengenalnya dengan Air Terjun Gunung Tajam
Yang Menarik Dari Wisata Air Terjun
Apa yang menjadikan destinasi wisata air terjun menarik?? Jawabannya bisa jadi ketinggian air terjunnya, keindahan pemandangannya, proses perjalanan menantang yang disuguhkannya, atau airnya yang menyejukkan.
Cukup tulis dikolom komentar jika anda memiliki jawaban versi anda sendiri
Tapi seindah apapun air terjunnya dia harus bisa membuat kita melupakan banyak penat yang kita rasakan atau mengalihkan kita sejenak dari kesibukan dunia yang tak berujung. Percuma saja kan?, rekreasi tapi tidak mengusir semua suntuk dan kepenatan yang lama menumpuk.
Namanya Air Terjun Gurok Beraye
Jika anda ke pulau belitung pastikan ke air terjun yang satu ini. Air terjun yang mempesona dan yang paling penting mampu merefresh otak dari beragam kesibukan yang berpekan-pekan dirasakan. Setelah setengah hari  menaklukkan puncak Gunung Tajam untuk urusan pekerjaan, kita pun menyempatkan diri untuk turun gunung dan menyambangi air terjunnya.
Penghuni Lain di Wilayah Air Terjun Gorok Beraye
setelah tiba diparkiran kita masih harus berjalan sebentar menuju air terjun ini. Gunung Tajam masih sangat alami, masyarakatnya seolah sadar menjaga kelestarian hutan dengan menghindari penebangan liar (semoga tetap seperti itu). Binatang primata seperti monyet atau lutung sliweran di pinggiran hutan saat saya berjalan mendekati air terjun.
Tiba di air terjun pemandangan mendekati sempurna langsung menyapa saya. Suara deras air terjunpun tak kalah bersautan seolah mengucapkan salam penyambutan, belum lagi air jernihnya yang...?? yah sudahlah... 
Rasakan sendiri sensasinya kalau tidak percaya, bawaannya pengen lepas baju-celana dan byurrrr nyemplung manja disungainya. Dari awal datang kesini saya langsung menyimpulkan jika kombinasi pemadangan air terjun dan sungainya terlihat begitu amazing
Ada Juga Yang Memanfaatkan Kejernihan Airnya untuk dikonsumsi
Air terjunnya mengalir dilereng bebatuan meski tidak begitu terjal tapi pemandangannya cukup bikin mulut kita bilang WOOWW saat melihatnya. Tepat dibawah air terjun terdapat kubangan sungai yang mirip kolam, telaga atau apalah namanya. Ikan-ikan kecil menyerupai nemo bermotif hitam abu juga jelas terlihat dari permukaan. Perpaduan yang memanjakan mata. Memang bukan terbentuk secara alami, tapi siapapun yang bertanggungjawab atas sentuhan dibalik pemandangan yang saya lihat saat itu, saya ucapka terimakasih dan good job. Tanpa berfikir panjang saya, Abdul dan Arief langsung nyemplung ke air terjun yang juga dikenal dengan Air Terjun Gurok Beraye ini.

Snorkling Yang Seolah-olah
Kejernihan tiada tara dari air terjun ini membawa kami bertiga terbuai dengan sensasi snorkling yang seolah-olah. Memang tidak ada terumbu karang atau habitat laut identik lainnya, tapi ikan kecil yang seliweran mirip nemo ini cukup membuat kami seperti sedang berenang di laut Pulau Lengkuas lengkap dengan keindahan terumbu dan ikan kitang-kitangnya. Belum lagi kedalaman airnya yang  mencapai tiga hingga lima meter. Cukup strategis dan berhasil membuat kami inisiatif untuk memanjat tebing pinggir sungai dan kemudian meloncat dari sana. Aksi loncat-loncatan dari tebing untuk merasakan sensasi nyemplung yang hakiki ini, sempat diwarnai keragu-raguan diawal dan ketagihan diakhir, adul bahkan mengulangnya hingga berkali-kali.
Kejernihan Air Terjun Gorok Beraye
Entah Ikan Jenis Apa, tapi Keberadaannya Cukup Banyak di aliran Sungainya
Pastikan datang saat siang dan matahari benar-benar bersinar cukup terik, tidak perlu khawatir kepanasan, karena rindangnya pepohonan dikaki bukit Gunung Tajam ini membuat suasana air terjun tetap sejuk dan segar. Jika datang saat matahari terik kita bisa lebih merasakan sensasi snorkling dengan kondisi bawah air yang terang, mata kita bisa bebas melihat asiknya ikan-ikan kecil berenang didalam air.
makin ganteng abis berendem di Air Terjun Gorok Beraye
Hampir se-jam kami berenang di air terjun Gurok Beraye, satu jam yang indah dan berhasil membuat kami takjup  dengan pesonanya. Rasanya ingin berlama-lama singgah disini dan melupakan semua kesibukan yang membuat mumet hari-hari kami (kami?, ya kami). Mungkin inilah alasan kenapa kita sangat perlu dengan piknik. Untuk mengurai setiap saraf yang tegang dan me-refresh semangat yang kemarin kusut dihujam stress yang datang tanpa diundang. Terimakasih Gurok Beraye suatu hari aku akan kembali nyemplung dijernihnya air mu.

Load disqus comments

0 komentar